Cara Melakukan Latihan Fisik Penderita Diabetes Mellitus

Cara Melakukan aktifitas fisik pendertia diabetes Mellitus
Penyakit diabetes bisa dipicu oleh beberapa faktor. Antara lain kurang aktifitas fisik dalam keseharian serta kelebihan berat badan atau obesitas.
Selain dua faktor yang telah disebutkan di atas,Juga dipengaruhi oleh adanya  riwayat keluarga penderita diabetes, berusia lebih dari 45 tahun, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan trigliserida tinggi.
Berkaitan dengan aktifitas fisik, Yang disarankan bagi penderita adalah direkomendasikan adalah  30 menit minimal 3-4x seminggu.

berikut ini tips Melakukan aktifitas fisik bagi penderita Diabetes Mellitus yang dikutip dari diabetesmelitus.org :

  1. Sebelum memulai latihan, pasien diabetes sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokternya, untuk memastikan bahwa kegiatan latihan yang dipilihnya cukup aman dan sesuai dengan keadaan fisiknya, misalnya jika pasien sudah memiliki masalah pada saraf kaki atau pembuluh darah matanya. Selain itu, dokter dapat menyesuaikan kadar obat atau insulin serta porsi makanan yang diberikan sehingga mencegah terjadinya keadaan hipoglikemik.
  2. Berlatihlah dengan seseorang yang mengetahui bahwa Anda adalah seorang penderita diabetes dan mengetahui apa yang harus ia lakukan jika Anda mendadak mengalami hipoglikemik.
  3. Bawalah makanan kecil saat berolah raga, misalnya sekotak kismis atau permen, untuk digunakan jika Anda mengalami hipoglikemik.
  4. Jika tidak didampingi, gunakanlah gelang atau atribut yang menunjukkan bahwa Anda adalah penderita diabetes.
  5. Gunakan sepatu dan kaos kaki katun yang nyaman. Gantilah kaos kaki yang sudah basah.
  6. Setelah berolah raga, lakukan pemeriksaan pada kaki Anda untuk mencari adanya kemerahan, lecet, luka atau kulit melepuh.
  7. Minumlah cukup air putih sebelum, selama dan setelah latihan untuk mencegah dehidrasi.
  8. Jangan mengabaikan nyeri yang Anda rasakan. Segera hentikan latihan jika tiba-tiba Anda merasakan nyeri.
  9. Pilihlah aktivitas yang Anda gemari sehingga Anda dapat menjalani aktivitas tersebut dengan senang hati secara rutin. Kegiatan yang dapat dipilih misalnya berjalan, mendaki gunung, aerobik, berdansa, bersepeda, bermain basket, tenis, voli, dan lain sebagainya.




0 comments:

Post a Comment